Yuk Intip Mesin Honda RC211V Raja Pertama Motor GP

photo author
- Sabtu, 3 September 2022 | 11:30 WIB
Gambar Motor Honda RC211V dari YouTube ZutuPedia
Gambar Motor Honda RC211V dari YouTube ZutuPedia

iNSulteng - Bermesin V5 dimana ada 3 silinder didepan dan 2 silinder dibelakang mesin Honda ini unik namun power full sekaligus menjadi jurus jitu menjadi juara dunia diawal era GP 4 tak dan inilah yang akan jaddi pembahasan kali ini. Honda RC211V, sang juara pertama di motoGp.

Dikutip iNSulteng.com dari canal YouTube ZutuPedia pada Sabtu 02 September 2022, seperti diketahui pada tahun 2002 balapan paling bergensi di jagad raya ini mengalami revolusi besar dimana yang awalnya memakai motor mesin 2 tak, 500 Cc dan memiliki nama GP-500 berupa memakai mesin 6 tak 990 Cc dan beruba namanya menjadi MotoGp.

Saat itu belum banyak peraturan yang membatasi para insiyur dibalik panggung untuk berkreasi untuk menciptakan mesin-mesin terbaik versi merek dalam artian regulasinya masih longgar.

Baca Juga: TOYOTA FORTUNER Baru Diluncurkan, Cek Varian dan Kisaran Harga , Ini Wujudnya!

Baca Juga: FIX, Arya Saloka Kembali ke Ikatan Cinta Sebagai Aldebaran, Tampang Berubah Jenggot Panjang!

Salah satunya adanya pabrikan diperbolehkan membangun mesin muali dari 2 silinder sampai dengan 6 silinder dengan kublikasi 990 Cc dan bahkan untuk mesin 5 silinder limit bobot motornya sama dengan 4 silinder yakni bobot minimum adalah 145 Kg.

Dengan adanya hal ini Honda merasa tertantang untuk membuat suatu mesin yang dasyat sekaligus unik karena ingin tampil beda dibanding para rival.

Honda memiliki banyak pengalaman pada pengembangan mesin berkonfigurasi V dan bertekad membangun mesin V kembali untuk Gp namun harus ada tantangan lebihnya yakni membuat konfigurasi yang unik.

Baca Juga: Yamaha Vixion Sport Bisa Panik, Motor Baru Ini Siap Debut di Jalanan dan Keluar ke Pasaran Otomotif!

Baca Juga: Vespa Primavera Baru?, Perkenalkan Skuter Listrik Goodrich BF-V7

Oleh sebab itu dibentuklah satu tim kecil untuk membangun mesin yang anggota diambil dari HRC dan departemen R&D Honda di Osaka yang dipimpin Heijiro Yoshimura, Honda memikirkan hampir semua konfigurasi kalah itu.

Mulai dari 2 silinder, 3-4-5 sampai dengan 6 silinder walaupun setelah banyak pertimbangan dan akhirnya dipilihlah mesin V 5 silinder. Sementara untuk pabrikan lain banyak yang memilih 4 silinder dengan konfigurasi V dengan sasis dedicated intinya saat itu hanya Honda yang otof indebox dengan memilih V 5 silinder.

Akhirnya Honda pun menciptakan mesin RC211V ini dengan konfigurasi mesin 5 silinder dengan sudut 75,5 derajat. Dimana 3 silinder berada di barisan depan dan dua silinder lainnya ada dibarisan belakang.

Baca Juga: GEREBEK PASAR, Yamaha FZ-FI Deluxe 2023 Diluncurkan, Bodi Mirip Byson!

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Situr Wijaya

Tags

Rekomendasi

Terkini

X