iNSulteng- Tien Quoc Hao CEO Asia Region Deputi Shift Officer Sales Financial Bisnis group Toyota Motor Corporation pernah mengatakan perusahaan tengah menyiapkan produk hybrid baru yang mengisi segmen B.
Langkah tersebut menurut dia sebagai strategi untuk mendorong populasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia sebab model segmen B paling populer dan memiliki rentan harga 250 juta hingga 300 juta rupiah.
"Tentunya kami akan bekerja keras untuk membawa banyak model Hybrid di pasar kendaraan b segmen," ucap Hao di sela-sela Idemitsu 1500 Super Endurance 2022 Kijang Internasional Sirkuit Burma Thailand Belum lama ini.
Perlu diketahui segmen B Toyota di Indonesia itu mencakup model Veloz, Raize, hingga Rush kelas tersebut pasarnya cukup besar karena memiliki bandrol yang kompetitif di kantong konsumen.
Pernyataan hal tersebut tentunya menimbulkan spekulasi kalau model baru yang dibawa ke Indonesia merupakan produk yang dijual lebih dulu di India tahun lalu yakni Toyota Urban Cruiser.
Model ini merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan Maruti Suzuki India dan menawarkan dua pilihan mesin yakni Mild Hybrid dan Full Hybrid.
SUV segmen B ini tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1500cc S Series dari Suzuki yang dikombinasikan dengan sistem Mild Hybrid jantung pacu tersebut diklaim menghasilkan tenaga 101 TK dan torsi 135 nm ada transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 6 percepatan.
Sedangkan satu lagi menggunakan teknologi hibrida milik Toyota yakni mesin yang disematkan pada Yaris di Eropa dengan kubikasi 1500 cc Hybrid dan mampu menghasilkan tenaga 114 TK dan torsi 141nm.
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum mau berkomentar banyak ketika dikonfirmasi.