iNSulteng - New Suzuki Shogun Cross atau Suzuki Shogun trail resmi mengaspal desain super keren serta mesin bertenaga.
Motor yang dimaksud adalah Suzuki Dr 150 motor yang awalnya direncanakan rilis di Indonesia untuk mengisi line up motor baru terutama di segmen dual purpose pada beberapa tahun lalu sebelum adanya Suzuki Gixxer SF 250 di tanah air.
Meskipun bukan produk pengembangan Suzuki sendiri karena memang merupakan rebage dari Moucin Haojue NK 150 namun Haojue sendiri menjadi produsen motor Suzuki untuk pasar global sehingga tentu kualitasnya sudah sesuai standar Suzuki.
Hadir dengan desain ala motor trail pada Suzuki DR 150 ini memiliki posisi spakbor depan tinggi, knalpot yang berada di samping body, juga stang kemudi yang ergonomis serta jok tandem yang nyaman untuk boncengan.
Meskipun banyak yang mengatakan jika Suzuki DR 150 di Indonesia tidak akan bisa kompetitif terutama di segmen dual purpose 150 cc yang kini diisi oleh tiga pesaing pabrikan Jepang yang mempunyai produk lebih unggul.
Bayangkan aja jika Honda CRF 150 maupun KLX 150 sudah pakai suspensi Upside Down sedangkan Suzuki DDR 150 ini masih pakai suspensi di depan teleskopik biasa rem cakram belakang saja yang menjadi fitur terstandar motor sport kekinian tidak tersedia pada DR 150 yang membuat kesan pada motor ini jadul banget.
Apalagi bicara mesin, Yamaha WR 155 R yang punya power tertinggi di kelasnya sementara Suzuki DR 150 masih mengusung mesin 1 silinder 149 cc dua klep berpendingin udara walaupun sama-sama masih pakai karburator seperti KLX 150.
Motor trail Suzuki ini punya potensi tenaga maksimum di angka 12,2 HP pada 8.000 RPM dan torsi 12,7 mm pada 6.500 RPM.
Punya bobot 139 kg kapasitas tangki 12,5 l dan punya tinggi jok 839 mm, sedangkan untuk ground clearance 244 mm yang mendukung aktivitas off road.
Motor ini pakai bahan semi dual Purpose dengan ukuran bahan 90 /90 17 in di bagian belakang dan 110/90/19 inci di bagian depan keduanya memakai velg model jari-jari.