iNSulteng- Generasi terbaru Hyundai Santa Fe resmi diperkenalkan tampilannya berubah radikal dibandingkan dengan model sebelumnya yang terakhir kali disegarkan oleh pabrikan pada 2018 lalu.
Hadirnya Hyundai menjadi sebuah SUV dengan kasta di bawah Hyundai Palisade di mana produk ini mendapatkan perubahan dengan seri terbaru yang berubah secara total yang dinamakan Hyundai Santa Fe 2024.
Jika di Indonesia Hyundai resmi meluncurkan Hyundai Stargazer X pada 10 Agustus lalu di Korea Selatan dan Amerika Serikat tanggal yang sama juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan Hyundai Santa Fe 2024.
Baca Juga: Harganya Ga Masuk Akal! Realme GT 5 Resmi Dirilis, Begini Spesifikasi Lengkap dan Harganya!
Hyundai menghilangkan bahasa desain elegan dan modern yang cukup lama tertanam kini Santa Fe 2024 lahir dengan tampilan boxi atau mengkotak mirip dengan SUV Land Rover Discovery dan Defender.
Bukan cuma desain luar dan dalamnya mengalami perubahan SUV terbaru ini juga merambah ke opsi mesinnya.
Ketika Hyundai Santa Fe diluncurkan sorotan utama adalah desain kotak-kotaknya meskipun banyak yang menyukainya ada juga yang kurang terbiasa dengan perubahan dari desain khasnya yang lebih melengkung.
Namun kepala desain Hyundai Motor Company Sang Yup Lee memiliki alasan terkait perubahan tersebut, Lee bukanlah orang sembarangan ia menerima penghargaan World Cup Person Of The Year 2023 atas karyanya dalam desain mobil seperti Ioniq 6, Kona terbaru, dan N-vision 74 bertenaga hidrogen.
Menurut Lee, tim desain menggunakan data untuk memprediksi trend desain masa depan dan kata outdoor selalu muncul jadi ini alasan mengapa Santa Fe terbaru ini mendapatkan tampilan bergaya suv off-road yang ditekankan oleh bentuk eksteriornya yang kotak-kotak.
"4 setengah tahun yang lalu kami mulai proyek ini kami selalu memeriksa informasi data untuk peramalkan trend masa depan ini sebelum pandemi dan satu kata kunci yang benar-benar mencuat adalah bagaimana budaya outdoor setelah menjadi mainstream kami memilih arah yang mencakup Balai Kota maupun alam terbuka," ujar Lee.
Lee juga tidak ingin mengikuti gaya umum meskipun ia mengakui bahwa tidak ada yang salah dengan mengadopsi tampilan yang familiar ia percaya bahwa perusahaan ini adalah penantang tidak ada resiko tidak ada imbalan.
Poin lain adalah pendekatan desain yang berfokus pada konsumen target pasar Santa Fe adalah para pembeli yang aktif di luar ruangan dan mungkin sudah memiliki keluarga karena itu diputuskan untuk mengintegrasikan body kota yang memaksimalkan ruang interiornya.
Hal ini juga menjelaskan mengapa Hyundai Casper memiliki bahasa desain yang berbeda, Casper adalah Crossover kecil yang dikatakan cocok untuk generasi Z yang tinggal di kota.