iNSulteng – Dikenal sebahai pembuat mor, pabrikan KTM asal Austria ini resmi meluncurkan mobil supercar setara Lamborghini.
Ini merupakan mobil pertama mereka yaitu X-Bow GT-XR. Mobil berjenis sport ini, adalah replika dari mobil balap GTX dan GT2 yang diperuntukkan penggunaannya untuk di jalan raya.
Varian road-going pamungkas dari KTM X-Bow telah resmi diluncurkan dalam bentuk GT-XR.
Baca Juga: GAC Debut Mobil M8 Mewah Setara Alphard Harga Dibawah Avanza?, Cek Spesifikasi!
Baca Juga: Sudah Bisa Dipesan?, Toyota Innova HyCross Baru, Punya Fitur Canggih Termasuk ADAS!
Digoda dan dimata-matai pada beberapa kesempatan dalam beberapa minggu terakhir, X-Bow GT-XR sangat mirip dengan mobil balap GTX dan GT2 yang dibuat oleh perusahaan Austria.
Melansir laman carscoops.com ini akan dibandrol dengan harga € 284.900 (4.219.713.689,11 kurs Indonesia) dan hanya 100 unit, diharapkan akan diproduksi setiap tahun.
Yang mendasari X-Bow GT-XR adalah monocoque serat karbon dan rangka baja tubular berkekuatan tinggi yang berkontribusi pada bobot kering 1.130 kg mobil.
Sementara KTM bisa dimaafkan untuk melengkapi mobil dengan mesin yang menghasilkan tidak lebih dari 300 hp, KTM malah memilih mesin lima silinder 2.5 liter turbocharged yang diturunkan dari Audi yang menghasilkan 500 hp pada 6.350 rpm dan torsi 581 Nm. pada 5.550 rpm.
Dipasangkan dengan mesin ini adalah transmisi kopling ganda tujuh percepatan yang mengirimkan tenaganya melalui roda belakang berkat limited-slip differential.
Angka-angka ini mendorong mobil ke 100 km/jam (62 mph) hanya dalam 3,4 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 174 mph (280 km/jam).
Memaksimalkan performa on-track jelas menjadi prioritas KTM saat mengembangkan X-Bow GT-XR, namun dikatakan “sempurna sebagai pengendara harian” berkat tangki bahan bakar 96 liter yang besar, power steering progresif berbantuan listrik, dan opsi sistem pengangkat hidraulik 3,5 inci (9 cm). Angka downforce telah diumumkan.
Namun, KTM mencatat bahwa selain komponen generasi downforce yang jelas seperti sayap belakang besar, diffuser belakang, dan splitter depan, X-Bow GT-XR juga dilengkapi bagian lantai yang dirancang untuk memaksimalkan efek tanah berkat vortisitas yang dihasilkan oleh splitter depan dan diarahkan di sekitar lantai, membuat segel udara di bawah mobil.